Kamis, 06 Januari 2011

Bidang Akuntansi

a. Akuntansi umum/keuanan (general account/financial accounting)yaitu akuntansi yang bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan kepada para pemakai (intern maupun ekstern).
b. Akuntansi manajemen (manajemen accounting) yaitu akuntansi yang bertujuan untuk membantu manajemen dalam perencanaan maupun pengendalian perusahaan.
c. Akuntansi biaya(cost accounting) yaitu bidang akuntansi yang menekankan perhitungan harga pokok barang dan jasa yang diproduksi suatu perusahaan. Selain itu juga untuk pengendalian biaya.
d. Akuntansi pemeriksaan (auditing) yaitu bidang akuntansi yang tujuan utamanya untuk memeriksa laporan keuangan yang disajikan akuntansi keuangan apakah sudah layak atau belum.
e. Akuntansi perpajakan(tax accounting) yaitu akuntansi yang tujuan utamanya untuk menghitung besarnya pajak yang harus dibayar oleh perusahaan.
f. System akuntansi (accounting system) yaitu akunansi yang tujuan utamanya untuk merancang dan melaksanakan system akuntansi yang baik di lingkungan perusahaan.
g. Akuntansi penganggaran (budgetary accounting) yaitu akuntansi yang tujuan utamanya untuk menyusun anggaran (beban dan pendapatan) perusahaan.
h. Akuntansi social (social accounting) yaitu akuntansi yang tujuan utamanya menyajikan informasi keuangan tentang manfaat dan biaya yang ditimbulkan perusahaan terhadap lingkunahn social.
i. Akuntansi pendidikan(education accounting) yaitu bidang akuntansi yang khusus berkecimpung dalam bidang pendidikan dan penelitian..

Lebih lanjut tentang: Bidang akuntansi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar